Jumat, 23 Februari 2018

Perilaku Konsumen

Halimatunisa Adiyati
Departemen Statistika (http://www.stat.ipb.ac.id/en/)
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (http://fmipa.ipb.ac.id/)
Institut Pertanian Bogor (http://ipb.ac.id/)

Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)

Department of Family and Consumer Sciences (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University IPB (www.ipb.ac.id)
Prof Dr Ir UJANG  SUMARWAN, MSc
www.Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id,  sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc



Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia. 


Kuliah Rabu Siang, 7 Februari 2018


Perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan hal-hal diatas atau kegiatan mengevaluasi.

Riset perilaku konsumen terdiri atas tiga perspektif:
  • Pengambilan Keputusan : melakukan serangkaian aktivitas dan melakukan proses pengambilan keputusan rasional.
  • Eksperiensial (Pengalaman) : membeli produk karena alasan kegembiraan, fafntasi, ataupun emosi yang diinginkan.
  • Pengaruh Behavioral : perilaku konsumen dipengaruhi oleh faktor luar seperti pemasaran oleh produsen, faktor budaya, faktor lingkungan, serta faktor ekonomi dan undang-undang
Dimensi Perilaku Konsumen:
  1. Bagaimana mendapatkannya? Menemukan, menerima, memproduksi, memperoleh warisan, membeli.
  2. Bagaimana mengkonsumsinya? Memakan, meminum, memakai, menggunakan, dsb.
  3. Bagaimana menghilangkan sisa konsumsi atau bagian yang tidak dikonsumsinya? Memberikan, membuang, mendaur ulang, menjual kembali.
Model Keputusan Konsumen yaitu menggambarkan bahwa proses keputusan konsumen dalam membeli dan mengkonsumsi barang dan jasa terdiri atas beberapa tahap, yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian, dan kepuasan konsumen.


Pemasaran dan Perilaku Konsumen
Konsep pemasaran adalah suatu konsep bisnis yang menekankan bahwa strategi pemasaran yang berhasil adalah strategi yang dibagun berdasarkan kepada pemahaman yang lebih baik dari perilaku konsumen.


Yang dilakukan manajer pemasaran:
  1. Analisis Lingkungan
  2. Riset pasar
  3. Segmentasi
  4. Positioning dan Diferensiasi
  5. Bauran pemasaran

Model motivasi
Motivasi merupakan sebuah dorongan yang muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen.

Kebutuhan
1. Berdasarkan faktor pendorong:
  • Kebutuhan primer (primary needs) : dibutuhkan konsumen untuk mempertahankan hidupnya.
  • Kebutuhan sekunder (acquired needs) : kebutuhan yang muncul sebagai reaksi konsumen terhadap lingkungan dan budayanya.

2. Berdasarkan manfaat yang diharapkan dari pembelian dan penggunaan produk:

  • Kebutuhan utilitarian (utilitarian needs): dibeli karena manfaat fungsional dan karakteristik objektif dari produk tersebut.
  • Kebutuhan ekspresif atau hedonik (expressive needs or hedonic needs) : kebutuhan yang bersifat psikologis seperti rasa puas, gengsi, emosi.
      Teori Kebutuhan
       A. Teori Maslow


     Aktualisasi Diri, Kebutuhan Ego, Kebutuhan Sosial, Kebutuhan Rasa Aman, Kebutuhan Fisiologis

       B. Teori McClelland
            Kebutuhan sukses,  Kebutuhan afiliasi, Kebutuhan kekuasaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar